Pesatnya Pembangunan infrastruktur bagi masyarakat di Papua





 Sumber foto : panduanberita.com
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menginginkan rute tol laut bisa sampai ke Papua agar membantu proses pembangunan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musa'ad beberapa waktu lalu mengatakan, Pemprov Papua telah meminta pemerintah pusat untuk memerpanjang rute tol laut hingga ke wilayah Papua.

Pemprov Papua telah menawarkan dua alternatif pelabuhan jika pemerintah pusat kelak akan memerpanjang rute tol laut hingga ke Papua mulai dari Biak dan di Mimika. Pelabuhan yang ada di Kabupaten Mimika telah memenuhi syarat hanya perlu dilakukan sedikit pembaharuan. Posisi Kabupaten Mimika sangat strategis untuk menjadi tempat transit barang untuk beberapa Kabupaten di pegunungan guna mendrobrak perekonomian setempat.

Muhammad Musa'ad juga menuturkan, pemerintah pusat akan mengabulkan hal tersebut guna membantu memercepat proses pembangunan di Papua. "Kalau dari opini dan pernyataan-pernyataan yang disampaikan berbagai pihak pusat, sepertinya ada respon positif atas permintaan tersebut, tapi nanti pada saat Musrembangnas akan jelas, dan di Mursrembangprov juga akan kami pertegas," ujar Musa'ad.

Dengan pernyataan dari Kepala Bappeda tersebut, tentunya kita berharap pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera merealisasikan tol laut yang sangat diharapkan oleh masyarakat Papua. Pasalnya, dengan hadirnya tol laut tersebut akan memermudah sarana dan prasarana transportasi dari daerah Barat Indonesia ke daerah Timur Indonesia seperti provinsi Papua dan Papua Barat.

Tol laut yang apabila segera direalisasikan, akan berdampak positif pada pembangunan wilayah Papua seperti pengiriman-pengiriman barang ke Papua akan sangat lancar dan tentunya biaya akan dikeluarkan akan lebih murah dan tidak mahal seperti saat ini. Selain itu, kebutuhan-kebutuhan pokok yang dikirim melalui tol laut akan lebih cepat dan harga-harganya tidak akan melambung tinggi.

Tentunya, program unggulan tol laut dari Presiden Jokowi ini patut kita dukung dengan segenap hati. Semua elemen masyarakat dan pejabat pemerintahan untuk saling bersinergi untuk segera berperan dan membantu pembangunan tol laut yang apabila nanti akan direalisasikan oleh pemerintah Indonesia. Dengan demikian, harapan kita untuk melihat Papua menjadi daerah yang maju dan sejahtera akan segera terwujud dan menghilangkan image daerah yang tertinggal. Selain itu, dampak positif dari tol laut ini diharapkan masyarakat Papua semakin sejahtera dan meminimalisir biaya hidup yang mahal di Papua.

Untuk itu peran serta masyarakat Papua sangat dibutuhkan guna menunjang terralisasinya Tol laut yang akan membuka akses masyarakat dalam menjangkau kebutuhan pokoknya. Sehingga kesejahteraan ini dapat membuka celah kepada kelompok-kelompok yang masih bersebrangan dengan NKRI dapat bergabung kembali kepangkuan Ibu pertiwi bersama-sama membangun Papua kearah yang lebih maju.

0 komentar: