Saatnya Papua untuk Maju

Jayapura  - Pemrov Papua bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) berencana membangun pabrik semen terintegrasi di Kabupaten Jayapura, Papua.
Dengan dibangunya Pabrik Semen diyakini dapat membuat efek percepatan pembangunan di Papua semakin pesat. Agar pemahaman yang selama ini papua masih tertingal di bidang pembangunan mampu bersaing dan setara dengan wilayah-wilayah Provinsi yang lainnya. 
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) sendiri menargetkan dalam 3 tahun kedepan pembangunan Pabriknya akan selesai ditargetkan beroperasi pada awal 2019 dengan menelan biaya USD150 juta atau setara Rp1,95 triliun (Rp13.000/USD)

Corporate Secretary Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan, perseroan dan Pemerintah Kabupaten Jayapura sebelumnya telah melakukan kesepakatan kerja sama untuk pembangunan pabrik semen terintegrasi berkapasitas satu juta ton per tahun tersebut.

Pembangunan pabrik ini selaras dengan fokus pemerintah untuk percepatan kegiatan pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian timur, Senin (6/4/2015).

Dia berharap, pabrik baru ini dapat memenuhi permintaan kebutuhan semen di Provinsi Papua yang pada tahun lalu mencapai sekitar 800 ribu ton. Hal ini sekaligus dapat memasok permintaan semen di daerah sekitarnya, seperti Maluku serta peluang ekspor ke Papua New Guinea.

Menurut Agung, hasil studi awal yang dilakukan mengindikasikan kondisi geografis Kabupaten Jayapura sesuai dengan rencana perluasan bisnis perseroan, baik dari segi lokasi, ketersediaan bahan baku, potensi efisiensi dalam biaya transportasi dan distribusi, serta rencana pengembangan ke depan.


Bahkan PT Semen Indonesia (Persero) memiliki gagasan untuk merangkul putra dan putri Papua menjadi tenaga kerja yang mampu mensejahterakan generasi muda Papua bersama-sama membangun Papua, agar konflik yang selama ini terjadi selama berpuluh-puluh tahun masih berbeda paham dengan NKRI untuk kembali kepangkuan Ibu pertiwi bersama-sama membangun Papua mulai dari sekarang dengan menciptakan pembangunan infrastruktur baik pemdidikan, kesejahteraan maupun kesehatan guna anak cucu kelak dikemudian hari.

0 komentar: