Gerakan OPM Peringati HUT-nya, Hanya Memperburuk Kondisi Papua


Provokasi pelaksanaan ritual pelaksanaan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang disebut-sebut menjadi hari keramat bagi masyarakat Papua merupakan informasi yang perlu dikaji lebih dalam lagi. Hal ini mengingat ritual pelaksanaan HUT OPM yang dirayakan setiap tanggal 1 Desember ini tidak memiliki manfaat langsung kepada masyarakat Papua, dan cendrung merugikan Papua karena cendrung menimbulkan situasi dan kondisi yang tidak kondusif di Papua. Karena setiap mendekati perayaan HUT OPM tersebut maka akan membuat masyarakat terganggu aktivitasnya, masyarakat mengurangi jam aktivitas karena takut ada gangguan keamanan yang ditimbulkan dari perayaan HUT OPM ini.
Papua yang telah bergabung dengan Indonesia sejak 1961 melalui sejarah yang panjang dan mengobarkan jiwa raga putra putri terbaik Indonesia dalam kontak senjata antara tentara Indonesia dengan Tentara Belanda dalam pembebasan Irian Barat menjadi bagian dari Indonesia, dan akhirnya menjadi provinsi ke-26 di Indonesia.
Dengan berkaca dari panjangnya perjalanan Provinsi Papua bergabung dengan Indonesia sampai jatuh korban, harusnya ini menjadi cerminan dari semua pihak bagaimana perjuangan bangsa ini dalam merebut Papua dari tangan penjajah untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Adanya komentar yang mengatakan Papua belum sejahtera dan lainnya, ini menjadi tugas dan tanggungjawab bersama dari kita semua, bukan hanya tanggungjawab pemerintah sendiri. Semua komponen bangsa harus terlibat untuk membangun Papua, mulai masyarakat suku di papua, Pemerintah, LSM atau NGO di Papua dan Indonesia, kalangan Media, dan pihak-pihak lainnya, semua harus bersatu padu membangun Papua untuk lebih baik lagi.
Perayaan di Papua boleh-boleh saja, namun tidak menimbulkan dampak dan situasi yang merugikan masyarakat, khususnya jangan sampai menggangu aktivitas masyarakat dalam menjalankan aktivis nya sehari-hari. Namun perayaan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka, dari sisi namanya saja sudah sangat provokatif, Organisasi Papua Merdeka ( OPM) suatu organisasi yang menuntut dan memperjuangan kemerdekaan suatu wilayah yang sudah berdaulat dan bebas. Kita patut mempertanyakan siapa yang diuntungkan dengan situasi dan kondisi yang ada di Papua dengan merayakan HUT OPM.
Padahal perayaan HUT OPM ini tidak memiliki dampak dalam memajukan masyarakat di Papua, hanya menambah situasi dan kondisi tidak kondusif di Papua. Lebih baik semua Pihak bersama-sama memajukan Papua dengan mendukung program-program Pemerintah yang berusaha memajukan Papua, dan kalau ada masyarakat ataupun pihak-pihak tertentu yang memiliki idea tau gagasan dalam memajukan tanah Papua agar mengajukan usulan pembangunan Papua tersebut kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, sehingga dapat memajukan rakyat Papua.
Dalam memajukan tanah Papua, baik pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah Papua telah berusaha mewujudkan pembangunan Papua yang lebih baik. Seperti yang disampaikan oleh mantan Gubernur Provinsi Papua Bapak Barnabas Suebu,SH yang memaparkan upaya pemda dalam memajukan tanah Papua, seperti mulai dari, Menata  Kembali  Pemerintahan  Daerah  dalam  rangka membangun  tata  kelola  pemerintahan  yang  baik,  bersih  dan  berwibawa  (good governance)  pada  semua  jajaran  dan  tingkatan. Upaya  yang sungguhsungguh  untuk meningkatkan  kesejahteraan rakyat Papua secara adil dan merata bagi semua, dengan titik berat perhatian diberikan pada rakyat yang hidup di daerah pedesaan dan daerahdaerah terpencil serta rakyat miskin di daerah perkotaan.
Upaya selanjutnya yang dilakukan pemerintah yaitu membangun  Tanah  Papua yang aman dan damai, yang rakyatnya ikut serta memelihara dan menimati suasana yang aman, damai, penuh disiplin, dan taat kepada hukum serta menjunjung tinggi hak – hak azasi manusia. Dan upaya selanjutnya yang dilakukan pemerintah dalam memajukan tanah Papua yaitu meningkatkan dan mempercepat pembangunan prasarana dasar  (infrastruktur)  di seluruh  tanah  Papua;  antara  lain  terdiri  dari  prasarana perhubungan / transportasi dalam rangka membangun jaringan transportasi terpadu (darat,  laut  dan  udara),  ketersediaan  air  bersih,  ketersediaan  energi  dan ketersediaan sistem telekomunikasi yang cukup dan memadai bagi seluruh rakyat.
Apabila semua pihak bersama-sama dalam mengawal program dan upaya pemerintah dalam membangun tanah Papua ini dilakukan dengan baik, dan tidak ikut-ikutan memperkeruh kondisi tanah Papua, maka Papua kita yakini akan mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik sdan kondisi tanah Papua akan aman daman tentram di tengah-tengah masyarakat.

0 komentar: