Destinasi Puncak Carstensz yang memukau Dunia



Jayapura – Destinasi keindahan alam Puncak Carstensz di Papua yang punya salju abadi merupakan bukti kekayaan dan keunikan alam Indonesia. Untuk itu, banyak sebagian turis mancanegara untuk melakukan pendakian yang merupakan gunung tertinggi di dunia.

Tentunya Pemda Papua akan berbenah diri agar nantinya Puncak Cartensz merupakan tujuan bagi para wisatawan dunia yang patut di perhitungkan karena keindahandan keunikannya tersendiri.

Selain itu, Mantan Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian membeberkan soal perencanaan pengadaan polisi pariwisata di sekitar kawasan Puncak Carstensz. Tujuannya jelas, memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dalam dan luar negeri untuk mendaki puncak bersalju tersebut.

"Polisi-polisi pariwisata sedang disiapkan oleh Pemda Kabupaten Intan Jaya dan pemerintah daerah lainnya di kawasan di sekitar Puncak Carstensz. Mereka akan menjaga keamanan, memberikan informasi kepada turis dan membantu turis mendaki," katanya dalam acara Penandatanganan Prasasti Peresmian Desa Wisata Ugimba dan Daerah Wisata Carstensz Pyramid di Lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Lanjut Tito, polisi-polisi pariwisata tersebut sekaligus menghapus isu OPM (Organisasi Papua Merdeka) dan kelompok separatis. Mereka pun berbeda dengan polisi-polisi pada umunya. "Fisik mereka kita latih dan juga kemampuan untuk berbahasa Inggris," ujar pria yang menjadi Kapolda Papua dalam 2 tahun terakhir dan kini menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Pengembangan (Asrena).


Belum ada kepastian, kapan polisi-polisi pariwisata tersebut bakal bekerja di sekitar kawasan Puncak Carstensz. Yang pasti, hal ini patut diapresiasi sebagai bukti kerjasama Pemda dan pihak kepolisian untuk membangun pariwisata di Papua menjadi lebih baik.

0 komentar: