Pemerintah SBY Akan Sahkan 20 Daerah Otonomi Baru


(Sumber foto: www.tempo.co)

Jayapura (23/09)Daerah Papua menjadi bagian dari 20 Daerah otonomi Baru yang akan di sahkan oleh pemerintahan SBY. Direktur Utama (Direktur) Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan, hanya sekitar 20 daerah otonomi baru yang akan disahkan pada periode ini. "Nasib yang belum bisa dibahas akan dijadikan agenda pemerintah baru," kata Djohermansyah di kantornya, Kamis, 18 September 2014.

Menurut Djohermansyah, ada kesepakatan antara pemerintah dan DPR untuk memprioritaskan daerah yang memenuhi syarat dan daerah perbatasan geologis dan geostrategis. Ia menolak merinci daerah mana saja yang bakal disahkan. "Kita tunggu saja pembahasan di DPR," katanya.

Ia menjelaskan, nantinya daerah baru tersebut akan dibiayai oleh kabupaten atau provinsi induk dan kucuran dari pusat. "Pada 2016 baru APBD penuh," kata dia.

Djohermansyah mengatakan, daerah otonomi yang gagal disahkan pada periode ini, otomatis akan mengikuti Undang-Undang Pemerintahan Daerah yang akan disahkan pekan depan. Ketika disetujui, nantinya tak akan langsung ditetapkan oleh undang-undang, namun cukup melalui Peraturan Pemerintah. (Dikutip dari www.tempo.co)

1 komentar:

  1. Sipp Sipp.. Semakin maju Tanah Papua Damai ini.. biar orang2 yang berseberangan itu tahu bagaimana kemajuan Papua nanti.. Pasti mereka akan sadar dan akan bergabung dengan NKRI..

    BalasHapus