Teluk Cenderawasih adalah Gambaran Papua




Anda bosan dengan nge-trip untuk naik gunung atau sebagainya, mari kita sambangi kawasaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang enjadi wilayah dari kabupaten Teluk Wondama yang sangat-sangat berpotensial menjadi tujuan wisata. Teluk Cenderawasih termasuk laut terbesar di Indonesia taman nasional dan merupakan salah satu lokasi penyelaman terbaik nusantara. 


Banyak hal yang dapat dilakukan oleh wisatawan di kawasan tersebut. Anda akan disuguhi dengan keindahan pulau-pulau dengan pantainya, menikmati keindahan bawah laut, mengamati satwa laut, berselancar dan masih banyak lagi. Teluk Cenderawasih ini mencakup area seluas 1.453.500 hektare dimana anda akan menemukan terumbu kareng, mangrove dan ekosistem hutan tropis. 

Sekarang kita akan membahas salah satu pulau yang ada di teluk Cenderawasih yaitu Pulau Yoo dan perairan Windesi. Sedikitnya terdapat 209 tye ikan sudah menghuni disana, salah satunya yaitu butterflyfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish serta anemonefish. Selain itu, ada juga ikan hiu raksasa jinak, dikarenakan hiu itu tidak memangsa masnusia. Ikan hiu ini namanya Hiu Paus atau disebut whale shark tutul atau Rhincodon typus yang mempunyai panjang sampai 14 meter.


Para wisatawan juga dapat menyelam, berenang bersama dengan hiu tutul tersebut, tetapi tetap menjaga faktor keamanan karena hiu tutul memiliki sirip yang sangat kuat. Selain hiu, adapun lumba-lumba yang lalu-lalang berenang mengikuti perahu yang sedang berlayar. Ada juga spesies penyu menghuni perairan ini, mereka adalah penyu sisik, penyu hijau umum, pasifik penyu belimbing dan penyu belimbing.

Adapun pulau Rumberpon yang terletak dibagian utara Kabupaten Teluk Wondama, berbatasan dengan Kabupaten Manokwari. Pulai ini memiliki pantai yang indah yang panjangnya mencapai 6.000 meter. Air laut disekitar pulau ini jernih dan terdapat rataan terumbu di sepanjang tepi pantai dengan prifil dasar laut yang landai hingga sepanjang 100 meter ke tebing.

Dikawasan perairan ini dapat dilakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling, scuba diving, selancar angin, ski air dan memancing. Bukan itu saja, di pulau tersebut juga terdapat beberapa species burung yaitu elang laut dan satwa khas lainnya seperti kuskus. Untuk mencapai Pulai Rumberpon dapat langsung dari manokwari melalui laut dengan menggunakan longboat selama 5,5 jam. 

Masih banyak pulau-pulau yang terdapat di Teluk Cenderawasih ini yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan. 


Kekurangan dari Teluk Cenderawasih ini sendiri adalah sampai saat ini belum didukung dengan fasilitas penunjang kepariwisataan yang memadai. Contohnya adalah sedikitnya fasilitas penginapan. Wisatawan hanya dapat menginap di lokasi pondok wisata BTNTC di wilayah Distrik Rumberpon yang pasti hal ini perlu menghubunginya terlebih dahulu atau tinggal dirumah-rumah masyarakat dengan cara menyewanya.

Tapi hal itu tidak menyurutkan anda untuk berpariwisata ke teluk Cenderawasih ini karena teluk tersebut memiliki aset luar biasa. Mengunjungi Taman Nasional Cenderawasih pun memiliki ketertarikan dan keunikan tersendiri. Tidak akan ada kata menyesal saat mengunjungi salah satu surga yang ada di bumi pertiwi ini yaiu di Tanah Papua – Surga kecil yang jatuh ke bumi. (CH)

0 komentar: