Gabungan TNI-Polri Berhasil Menggerebek Kelompok Kriminal Bersenjata di Kepulauan Yapen



Jayapura – Tim khusus Polres Kepulauan Yape yang dibantu tim TNI melakukan penggerebekan markas kelompok masyarakat bersenjata Papua, Sabtu (11/10) pada pukul 10.00 WIT.

Markas yang berada di wilayah Papua Utara Kepulauan Yapen tersebut merupakan kelompok bersenjata yang selama ini beroperasi di wilayah Papua yang menciptakan keresahan bagi masyarakat. Kelompok tersebut merupakan salah satu kelompok separatis yang berada di Papua dimana kelompok bersenjata yang berada di kepulauan Yapen ini dibawah pimpinan Maikel Merani.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono saat diwawancarai pada hari Minggu (12/11) mengatakan bahwa masyarakat di sekitar Angkaisera sangat merasa ketakutan dengan keberadaan kelompok Maikel Merani tersebut karena dengan ancaman senjata yang menekan masyarakat untuk mengukuti keinginannya. Kelompok tersebut  juga sering memalak masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Hasil informasi dari masyarakat tersebut kemudian aparat TNI-Polri melaksanakan monitoring terhadap kelompk bersenjata yang dipimpin oleh Maikel Merani tersebut. Hasil penyelidikan, terdeteksi ada 15 orang anggota kelompok bersenjata berada di Gunug Kiriyow.

Setelah dipastikan, tim gabungan TNI-Polri langsung melakukan penyergapan. Sesaat disergap, kelompok bersenjata tersebut sempat melukan melawan. Dimana terjadi kontak tembak selama 20 menit.

Hasil dari penggerebekan tersebut ditemukan 20 butir amunisi mouser, 5 pucuk senjata api rakitan, 1 buah sepeda motor, baju seragam loreng serta sebuah markas yang kini sudah diamankan aparat gabungan TNI-Polri.

Untuk mengantisipasi terjadinya serangan balasan dari kelompok tersebut, pihak kepolisian melakukan penebalan anggota di Polsek Angkaisera. Selain itu, pergerakan kelompok tersebut tetap dipantau disamping berkoordinasi dengan pihak Muspida beserta tokoh masyarakat dan adat setempat.

Aparat TNI-Polri berterimakasih kepada masyarakat yang memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap kelompok kriminal bersenjata Maikel Merani tersebut.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat agar tidak terpengaruh dengan keberadaan kelompok kriminal bersenjata karena pihak keamanan akan menangkap dan menindak tegas kepada orang-orang maupun kelompok-kelompok yang berusaha menyakiti dan menakuti rakyat.

Kerjasama masyarakat sangat dubutuhkan bagi aparat keamanan dalam hal penegakan hukum. Apabila masyarakat mengetahui keberadaan maupun gerak-gerik kelompok kriminal bersenjata, segera laporkan kepada pihak yang berwajib yaitu TNI-Polri guna mendukung keamanan dan kenyamanan masyarakat terutama masyarakat Papua.

0 komentar: