Nodai Kedamaian Di Tanah Papua OPM/KKB Akan Bunuh Warga Sipil


Jayapura (30/10) – Kelompok TPN/OPM (Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi papua Merdeka) atau bisa disebut dengan julukan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) Papua yang dipimpinan oleh Puron Wenda mengancam akan menggelar perang terbuka terhadap warga sipil apabila anak buahnya “Duo Rambo” dan beberapa anggota TPN/OPM lainnya yang di tangkap oleh Polda Papua tidak segera dibebaskan.
Puron Mengatakan, “Saya akui Rambo itu anak buah saya untuk itu saya pimpinan tertinggi TPN-OPM dengan tegas memberi waktu 2 hari kepada Kapolda Papua agar segera bebaskan anak buah saya terhitung mulai besok, kalau tidak kita akan perang revolusi total dengan masyarakat sipil juga” Sumber

Ia menegaskan berulang–ulang, bahwa dirinya menuntut agar polisi segera membebaskan 6 orang anak buahnya yang ditangkap di Hotel Bolevard Wamena, Minggu (26/10/2014) kemarin, dimana dua diantaranya adalah Pinus Wonda alias Rambo Wonda dan Derius Wanimbo alias Rambo Tolikara.

Apabila polisi tidak membebaskan mereka, maka Puron Wenda akan mengancam melakukan tindakan teror berupa (KUTB) Kejar, Usir, Tangkap Dan Bunuh kepada warga sipil yang ditemui

“Kami ganti DPO dengan aksi kejar, usir, tangkap dan bunuh tapi target kami sekarang bukan TNI/Polri saja tapi warga sipil baik PNS, pengusaha dan masyarakat serta TNI-Polri,” tegas Puron.

Dijelaskan, hal yang disampaikan merupakan tuntutan dan sikapnya kepada Kapolda Papua agar dapat mengambil langkah tegas untuk bebaskan tahanan.

Menurutnya bila sebelumnya pihaknya masih menghormati tindakan pembatasan aturan perang, dimana hanya menyerang angota TNI-Polri, namun untuk saat ini ia akan lakukan tindakan perang terhadap siapa saja warga sipil maupun TNI/Polri jika tahanan tidak dibebaskan dalam waktu dua hari.

Jika tindakan teror berupa (KUTB) Kejar, Usir, Tangkap Dan Bunuh warga sipil di Papua ini dilakukan oleh Puron Wenda beserta dengan OPM/KKB maka pastilah banyak korban nyawa yang tidak berdosa berjatuhan kembali. Papua adalah “Tanah Yang Damai” tidak sepantasnya tindakan yang tidak manusiawi ini dilakukan disini.

Hukum harus ditegakkan Aparat harus tegas dalam menindak kelompok tersebut. Lembaga seperti KOMNAS HAM juga harus peka dan jeli mengangkat masalah ini untuk tegakkan hukum dan ciptakan kedamaian di Tanah Papua  yang diberkati Tuhan.

“Duo Rambo” dan beberapa anggota OPM/KKB lainnya yang ditangkap oleh Polda Papua dikarenakan yang bersangkutan merupakan dalang beberapa kasus pembunuhan dan pembantaian warga sipil di Papua.
 


0 komentar: